Euforia Piala Dunia Capres dan Cawapres


Tahun 2014 ini unik dan kece banget, selain ada piala dunia, dunia TV Indonesia juga diramaikan oleh Debat Capres dan Cawapres yang apabila tayang, itu yang nyiarin minimal 5 stasiun TV.  Tuh..kece gak? Piala dunia aja cuam dua TV, ini lebih dari 5 tv loh. Eh tapi kan piala dunia license nya eksklusif, jangan dibandingin dong…iya iya…ini kan cuma biar lebay aja.  Tapi beneran, tiap debat capres, TV uda kayak sidang umum MPR pas orde baru, siarannya sama, cuam mungkin ada gambarnya yang bagus ada yang kurang, ada yang delay ada yang lancar, ada yang pas iklan banyaknya no 1, ada yang seringnya no 2.  Dari pengamatan saya yang gak ada kerjaan, mungkin ada sekitar 7 TV yang nanyangin, CMIIW ya…
1. SCTV
2. TV ONE
3. METRO TV
4. KOMPAS TV
5. RTV
6. BLOOMBERG TV
7. MNC TV
8. RCTI
9. GLOBAL TV
10.BERITA SATU
11. INDOSIAR

Ajegile…….11 TV cuy…sekarang mungkin artis harus lebih waspada karena ketenaran mereka bisa kesalip ama politisi.  Tapi kalau saya liat, debat di Indonesia itu masih sopan santun lembut manis kayak saya, padahal kalau liat debat di US, wuiihhh…nyerangnya frontal banget.  Mungkin tatapan peserta debatnya kayak mata Leily sagita di sinetron tersanjung yang akan berbuat jahat kepada Indah karena merebut Bobby dari tangannya. Mon skip mon….Oke, Yang menarik adalah pilpres ini menurut saya adalah masyarakat juga ikut berbondong-bondong ngasi perhatian pada calon yang mereka jagokan, kalau saya liat timeline facebook dan twitter, isinya banyak fans dadakan bin fanatik pasangan capres masing-masing, saling black campaign, saling menjatuhkan, berebut simpati dari rakyat seolah mereka yang layak dijagokan dan lawannya pantas dipenuhi kebencian.  Kondisi itu bikin saya males buka sosmed dan baru liat judul artikelnya aja uda bikin saya males buka link nya.  Saya lebih seneng ada yang publish kelebihan jagoannya masing-masing tanpa menjelekkan lawannya, itu mungkin bsia sedikit memberi input positif bagi masyarakat, daripada hanya membenci dan mencaci.

Oiya, karena debat capres itu ratingnya tinggi, kenapa sih gak dibikin sekalian reality show aja…biar seru aja sekalian…
jadi misalnya prabowo debat pertama pasangannya Hatta, Jokowi pasangannya JK, terus tuker pasangan, nah bagaimana si capres itu beradaptasi dengan pasangan barunya dan bahu membahu membuat program terbaik untuk rakyat. nanti setiap minggu ada satu kandidat yang harus angkat koper kayak idol gitu…nah di minggu terakhir tinggal dua, yang menang presiden yang kalah wakilnya.  Seru pasti…dan belum pernah ada dimanapun… nah kan jadi bingung tuh partai koalisinya…gpp biarin aja, saya juga lagi ngayal aja,

Anyway ada yang menarik lagi tiap debat yang jadi perhatian saya, itu…yang di pojok kiri bawah, penterjemah bahasa isyarat.  Bagi saya mereka harus memiliki intelegensia yang luar biasa untuk menterjemahkan omongan para capres dan cawapres.  Kebayang gak pas debat cawapres tentang SDM dan iptek kemarin,banyak istilah asing yang diutarakan yang mungkin bikin banyak rakyat melongo termasuk saya…nah itu penterjemah nerjemahinnya gimana yaa..keren banget pasti. Salut.

Semoga nanti siapapun yang menang pilpres bisa membawa kemajuan bagi Indonesia, Indoensia harus bangkit dan hebat, Indonesia harus menjadi kebanggaan bagi tiap rakyatnya, dan Indonesia harus jadi rumah yang damai bagi kita semua.

Leave a Reply

