Pantai, laut, dan kamu….iya kamu kelaut


Weekend itu buat saya adalah masa dimana istirahatin pikiran….dan menyalurkan hobi saya….momotoran..atau kalo bahasa kerennya riding, kalo jauhan dikit touring, yang jelas kedua kata itu punya tujuan sama….jadi obat pusing…saat yang lain istirahat atau jalan-jalan ke mall, saya lebih milih menikmati alam diatas roda dua.

kali ini tujuan saya ke Garut selatan..tepatnya ke pantai Santolo.  Ini perjalanan ketiga saya ke pantai yang berada sekitar 95 KM dari pusat kota garut tersebut.  Dan tetep jauh aja.  kali ini saya bareng temen-temen dari Rebel Bastard jakarta…mereka emang ada acara disana. Oke…jumat malem nih saya masih meeting kerjaan…liat jam nunjukin jam 9, belum kelar…jam 10 , masi belum kelar, krik krik….
pikiran uda ke jalan, gak sabar pengen riding…

akhirnya jam 11 malem meeting pun kelar, langsung ke kosan dan berangkat….kita berangkat ada 7 motor dari Jakarta…rute yang dipilih jakarta-karawang-purwakarta-bandung-garut-Santolo.  jam 12 malem kita start…karena rata-rata yang jalan adalah motor-motor tua, jadi kita jalannya woles aja…biar lambat asal selamat, biar tekor asal nyohor, biar lemon asal ganteng.

kalau touring, yang paling mahal dari perjalanan itu adalah pertama foto-foto, yang kedua adalah cerita dibalik perjalanannya…dan cerita pertama datang dari motor mang Nubby alias salah satu bos saya di kantor, motor BSA dia overheat di daerah Darangdan Purwakarta, dan jam 02.30 pagi….dan untungnya pas di depan warung indomie yang masih buka.  Ini uda kayak sinetron yang kebetulan, kebetulan lagi lapar maksudnya..yasud sambil nunggu mesin BSA punya mang Nubby dingin, kita isi perut dulu…Image

Perut uda kenyang, motor dua dingin, bandung masi lumayan jauh…kita lanjut perjalan…kita pun merapat ke segitiga Unisba bandung buat nungguin 3 motor lagi yang mau gabung…biar rame.  Dari jakarta bandung 6 jam cukup lama menurut saya…karena biasanya kalau saya sendiri dan malem-malem, maksimal itu 4 jam. Tapi gpp deh…menikmati perjalanan terkadang lebih asik daripada tujuan itu sendiri.  Start dari Bandung , tujuan kita langsung Santolo….dan jaraknya??? masih 153 KM lagi pemirsahhh….emejiiing…muka uda item, kekucelan meningkat 40 %, dan saya belum mandi.  Perjalanan Bandung hingga menjelang Kota Garut, fisik uda mulai lelah,kerja sampai malem, lanjut riding dan belum tidur sama sekali.  Fisik uda gak bisa kompromi, tepat beberapa KM sebelum masuk cipanas Garut, kita mutusin istirahat di hotel kuda laut aka Hotel Pertamina aka Pom bensin..selonjoran, ngemil-ngemil, dan berharap bisa merem sebentar. tapi…ujung-ujungnya tetep aja ngobrol…tidurnya? hanya intro aja…sisanya hahahihi

ImageImage

Istirahat yang paling enak itu adalah istirahat saat kita kecapean….karena tempat apapun akan jadi tempat yang enak 😀

Dari Garut kota hingga santolo sebenernya track yang paling asik, ciri khas jalan pegunungan yang berkelok-kelok, tanjakan, serta turunan jadi pemandangan tersendiri, itu juga yang bikin akhirnya lagi-lagi motor mang Nubby overheat lagi di daerah cikajang..maklum motor jaman perang 😀

Kita pun istirahat lagi,,,

Image

makin dekat dengan Pameungpeuk, udara pun makin dingin…..apalagi daerah Cikajang…ada kebun teh dan turun kabut, saya pun kedinginan…dan gak ada yang meluk dari belakang #eh…

tapi dasar ye narsis, sempet dulu ah foto-foto

Image

By The way kalau mau ke Santolo, pom bensin terakhir itu ada di daerah Cikajang…dari sana, jangan harap nemu tulisan Pertamina segede gambreng yang ada tulisan SPBU nya, kesananya cuma hutan, pemukiman penduduk, hutan lagi , pemukiman lagi, apalagi ngarep ada sevel atau lawson…buang jauh-jauh deh…kalau alfamart sih ada..itupun di tiap ibukota kecamatan aja.  Oiya…ada kejadian lagi yang bikin saya dan si mpul punya pengalaman baru.  Awalnya…motor BSA mang Nubby normal gak ada masalah selain overheat, namun mang Nubby liat ada baut mesinnya yang kendol, dikencengin tuh tuh yee…dan ajaib, pas dinyalain lagi motornya dengan sukses gak mau idup. Mirip kayak cwe lagi ngambek karean cwo nya gak mau nemenin belanja ke mall pas lagi sale.  Diapa-apain gak mau idup, mesinnya dikendorin lagi juga tetep gak nyala, periksa pengapian normal, mesin Ok, dicoba kick starter terus atau didorong juga tetep ngambek.  Oke fine,….dari tengah hutan daerah Cisompet menuju santolo motor BSA itu diderek ama motor saya.  Dan ini butuh keseimbangan yang kece karena apabila motor belakang gak ngikutin kita, otomatis tambangnya ikut narik motor yang depan, rasanya kayak mancing terus dapet ikan segede drum oli. beberapa kali saya ampir jatoh….35 KM cuyyy….tapi seruuuu

Image

bener-bener amazing deh…perjalanan jakarta santolo yang normalnya 8 jam bisa sampai 19 jam.  Keren…

Malemnya ikut acara dulur-dulur RBMC, sambil nikmatin pantai santolo…banyak penginepan disini..rata-rata harga yang ditawarin 100-150 ribu per malam.  Lumayan lahhh…dan kabar buruknya adalah saya malem itu cuma tidur 1,5 jam.

hari uda masuk minggu pagi, anak-anak RBMC all chapter n checkpoint uda pada bubar.  Saya?? masih di santolo…lalu? pikiran adventure kemabli muncul…uda sampe sini masa ke santolo doang trus balik?? saya pun memutuskan buat memisahkan diri, ambil rute pulang menyusuri pantai selatan ke arah rancabuaya….overall jalan yang saya lalui kondisinya memprihatinkan..penuh lubang dan naik turun bukit.  Keindahan jalan pesisir pantai garut itu adalah bukit-bukit yang berjajar sepanjang pantai….45 km berlalu, saya nyampe di musholla buat solat zuhur…mushollanya asik, dibelakangnya ada sawah dan laut yang membentang…kece banget deh

Image

Image

hasrta tidur pun akhirnya datang, saya pun numpang tidur juga disana…lumayan sekitar 1,5 jam.  gas ditarik lagi…tetep kearah barat, kali ini saya nemuin bukit keren yang kata orang sana disebut puncak guha…guha itu bahasa sunda yang artinya gua…letaknya persis menghadap laut dan dibawah bukit itu ada gua rumahnya lalay (kalong).  Saya pun belok kesana…..daannnn….amaziiiiiiing…View nya kece berat…mungkin kalo di bali dream land kali yee…tapi ini versi asri dan belum terjamah..kcuali dijadiin tempat pacaran buat remaja-remaja sekitar situ

Image

Image

Image

Image

Image

Image

kira-kira 3 jam saya asik menikmati pemandangan disana…cocok kayaknya buat galau-galauan kalau abis diputusin pacar, kalau putus asa tinggal loncat kelaut. BYE. hahahah

Gak kerasa uda jam 5 lebih, sunset uda mulai terlihat…dan saya masih jauh dari jakarta…masi kira-kira 300 KM an.

P1020170

Oke…saya pun kembali nge gas…4 KM kemudian akhirnya nyampe di daerah rancabuaya….

356212392-500x500

ada pertigaan jalan yang bikin galau….jam nunjukin 17.45…kalau ke kanan, berarti saya ke jakarta Via pangalengan, Bandung, terus ke jakarta via karawang…atau kalau lurus via Cidaun, Cianjur, Bogor, jakarta…menuerut google maps keduanya sama-sama jauh…tapi karena saya inget bandung, jadi saya putusin aja lewat pangalengan.  Yups….awal jalan sekitar 4 km bagus, aspal mulus, jalan sepi, view mangstab..oke nih saya bilang

P1020183

tuh…bagus kan? tapi beberapa KM kemudian…weehhh…..pas jalan jelek, hujan turun, uda masuk malem pulaaa…ditambah jas hujan bocor. hahahaha…perjalanan sendirian yang mangstab. Eh btw jalan dari rancabuaya menuju pangalengan itu kecil banget.  yang di foto itu masih bagus, sayang saya lewatnya malem dan ujan, jadi gak sempet foto….tapi perjalanan malam itu gak terlupakan…cuma ditemenin lantunan musik dari hp via earphone…jauh pula, jangan diikutin deh..karean jalannya emang serem, rawan longsor , dan gak ada pom bensin.  Ada pom bensin sekitar 100 km kemudian pas uda nyampe Pangalengan Bandung.  Untung tangki saya gede yeee.  Dari rancabuaya jam 6 sore, nyampe pangalengan jam 9 malem…..lumayan laahhh.  lalu tibalah saya melihat rumah makan padang yang bikin perut saya berkata “berenti dulu lah mon..majain gw kek dikit”.  saya pun ikutin instruksi perut.  Dari pangalengan saya ambil jalan ke Soreang Via banjaran, lalu Cimahi, padalarang…eh lapar lagi dan ngantuk pemirsah,,, untung ada dunkin yang buka 24 jam…pesen kopi aja sambil cuci muka buat ngilangin ngantuk…jam nunjukin jam 11 malem

Camera 360entah kenapa perjalanan dari situ kerasa deket, padahal Padalarang jakarta masi sekitar 150 KM an lagi…gas poll…saya pikir saya bisa numpang tidur di rumah Karawang…maafkan saya..saat itu saya cukup ngebut…Padalarang – karawang cuma 1 jam 50 menit…saya pun tidur di karawang, ketemu orang tua sebentar, pagi-paginya langsung ke jakarta dan langsung ngantor karena uda ditungguin meeting

NICE WEEKEND, AWESOME EXPERIENCE

One comment on “Pantai, laut, dan kamu….iya kamu kelaut

Leave a Reply

