Aqiqah ada expirednya gak sih?


Beberapa waktu yang lalu saya pulang ke rumah dan melihat pemandangan yg janggal.   Ada dua ekor kambing yang dengan santainya diiket dibelakang rumah. Saya akhirnya nanya ke ibu saya tentang apa latar belakang, tujuan, dan referensi mengapa 2 ekor kambing itu bisa ada dirumah.  (maaf terlalu lama ngerjain skripsi, jadi bahasanya agak mirip).

Akhirnya…ibu saya dengan santainya bilang bahwa itu kambing buat aqiqah.

saya : ooooo…..

Tapi ada yg aneh sebenernya..

(percakapan ini aslinya pake bhs sunda, tapi karena saya lagi baik hati, rajin menabung, dan kentutnya wangi, saya translate deh

Saya : itu beneran , bu kambingnya buat aqiqah?

Ibu : iyaaa…(nada santai, sambil ngiris cabe)

Saya : bu, anak ibu emang ada berapa? cuma 1 kan? itu buat aqiqah siapa?

Ibu : ya aqiqah kamu lah.

Saya : zzz..zzz….(sambil bengong)

Setelah ngobrol2…akhirnya terkuaklah fakta baru bahwa selama ampir 25 tahun ini, saya belum di aqiqah.  Dulu katanya pas masi bayi, ibu saya masi blum sanggup beli kambing, da mahal kali, dan harus 2 biji pula katanya kalo anak cwo.   jadilah ibu dan babeh saya lupa….baru inget 24 tahun kemudian.   Entah dapet inspirasi darimana akhirnya mereka beli kambing dan saya di aqiqah juga.  Gak tau uda expired apa belum, dan untungnya gak dicukur rambut juga.

Sudahlah..yang penting doa nya…mudah2an berkah.

Salam kambing.

3 comments on “Aqiqah ada expirednya gak sih?

  1. ane kasih jawaban,,,,, sama kyak di grup FB….

    “yang saya tau … menurut keterangan,,,,
    aqiqah itu dilaksanakan setelah…7 hari anak lahir….memotong rambut, terus ditimbang, terus disedekahkan…
    Rasululloh ge untuk melaksanakan aqiqah karena tidak punya , beliau pun sampai ngabelaan minjem,,,,,kambing untuk aqiqah… dan diganti dengan yg lebih…
    eta we patokanna………”

Leave a Reply

