Karakter Jalan di Jakarta


Tiap daerah punya karakteristik jalan masing2.  Sama kayak nasib manusia, ada yang lurus, ada juga yang berkelok, mungkin juga berlubang dan kebanjiran.  Bandung misalnya…banyak jalan di Bandung yang searah dan dengan sukses ngebuat banyak orang terutama dari Jakarta bingung.  jalan Wastukencana adalah jalan yg terkenal bisa ngebuat orang2 muter2 disana karena jalan itu lebih mirip komedi putar versi jalan raya.   lain Bandung lain pula Jakarta.  Saya baru semingguan tinggal disini tapi ampir tiap malem abis pulang kerja, saya sempetin puter2 pake motor beberapa kilometer cuma bwt ngapalin jalan sambil melipir ke mall kalo ada perlu.   Yaaa…terdengar random emang, tapi dengan begitu kita jadi tau karakteristik jalan raya di Jakarta kayak apa.

Dan memang benar…gak semua proses itu berjalan mulus.  Saya sempet beberapa kali nyasar dengan sukses diiringi lantunan panjang kendaraan aka kejebak macet.  Uda capek macet2an, eh ternyata nyasar.  Bangke!!!

Akhirnya kalo itu yang terjadi…ada 3 option:

1. terus ikutin jalan sambil maen feeling bwt kembali ke jalan yang benar.

2. Buka Garmin ato Google maps.

3. GPS manual aka nanya orang.

Dan saya paling seneng option pertama. Itu karena saya pasti inget jalan yang benar kalo saya udah nyasar, dan akhirnya saya secara gak sadar tau jalan2 lain yang pernah saya telusuri dalam rangka nyasar tersebut.  ibaratnya…gak ada nyasar ya gak belajar.  Tapi itu kalo waktu senggang loh yaa…kebayang pas kita telat masuk kantor ato kebelet pengen ee dijalan, dan  kita nyasar tapi dengan santainya kita terus menikmati nyasar kita hingga kita ee dicelana.  krik krik krik…

Selain itu, di Jakarta terkenal banyak jalan2 extra lebar dan dipager ato dibates ama beton, ato bahasa kerennya mah separator.  Liat aja jalan Gatot Subroto, HR Rasuna Said, ato jl Dr Satrio….kalo kita dari kiri dan tujuan kita di kanan jalan, otomatis kita kudu muter juga dan siap2 di lajur kanan.  Nahh…kalo saya mah patokannya gini aja…kalo didepan ada fly over ato underpass, pasti abis itu ada puteran…aman dah..jadi kita dari jauh uda prepare kalo mau muter 😀

Mudah2an target 2 bulan apal jalan di Jakarta 😀

2 comments on “Karakter Jalan di Jakarta

Leave a Reply

