Bisnis Cuci Motor Juga di MLM kan? :D


Tempat cuci motor saat ini gak cuma menawarkan cuci motor saja, tapi telah menjelma menjadi one stop motor salon and detailing.  Kemarin, tepatnya 15 maret 2011, bersama temen-temen dari Pulsar Riders Society Chapter Bandung, saya nyobain tempat cuci motor yang baru dibuka 3 minggu di daerah buah batu, namanya Motor Bridal( *5). Cuci motor aja ada kelas kelasnya, kayak hotel aja. hahaha..

Kelas ini berdasarkan fasilitas serta sarana pendukung, walopun sama merk misalnya, tapi cuci motor cabang A dan B punya fasilitas berbeda walopun sistemnya sama.  Dari tempat, lumayan juga sih…ada kira-kira 8 atau 9 pit gitu ya (lupa), terus meeting room, VIP room, cafe, lounge, dll.

Papan nama....eh, bukan papan deng

Motor saya dan temen2 dicuci . Pict by Adhie Satrio

 

itu ada matic lagi dicuci 😀

 

Tapi anehnya…..bisnis cuci mencuci ini kini juga mempunyai cara lain buat menggaet member…mereka ngadain sistem member get member, kayak MLM aja.  Jadi setiap mereka membawa teman, saudara, temannya sodara, temannya teman sodara, dll, mereka disana akan ditawari menjadi member tahunan dan yang membawa akan dapet bonus.  Ada bisnis dalam bisnis euy 😀 .

Saya sih oke oke aja, itu kan strategi marketing…toh banyak yang seperti itu.  Tapi…. kualitas cuci nya tetap dijaga.  Jangan sampai si tempat cuci motor demi mendapat member yang banyak, akhirnya mereka lebih fokus ke usaha get member nya.    Kan logikanya semakin banyak member, income mereka semakin besar..ditambah pembayaran member dilakukan diawal, perputaran uang disana menjadi lumayan besar.    Intinya sah sah saja melakukan strategi marketing apapaun juga selagi mereka bisa menjaga kwalitas, karena kembali ke tujuan awal, kita sebagai pemilik kendaraan, datang ke tempat cuci untuk membersihkan kendaraan dan gak capek-capek lagi ngelap motor/mobil sendiri.  Senenrnya itu yang kita harapkan, kalau ada iming2 bonus, asuransi, dll, itu hanya sebagai nilai plus saja dari suatu tempat pencucian motor/ mobil.

Leave a comment