Minimarket Sudah Jadi Tempat Nongkrong?


Suksesnya Alfamart, Indomart, Circle K, Seven Eleven, dan minimarket sejenis mencerminakan prospektifnya bisnis minimarket di tanah air.  Alfa yang tadinya perusahaan retail besar, kini setelah sahamnya dibeli Carrefour, dia lebih menggenjot bisnisnya di minimarket dan sekarang alfamart ada dimana-mana.

Terlalu panjang kalo saya bahas industri ini dan itu bukan kompetensi saya sebagai mahasiswa susah lulus . Yang ingin saya bahas adalah mengenai sedikit berubahnya citra mini market.  Yang tadinya ini merupakan tempat untuk belanja saja, kini kita bisa juga nongkrong disana.  Lihat Circle K, walaupun tidak sebesar Supermarket, tapi Toko 24 jam ini sering ramai dijadikan tempat nongkrong.

Circle K

Sebenernya gak ada yg istimewa di Circle K selain buka 24 jam dan ada coffee maker juga microwafe, tapi entah kenapa banyak yang lebih suka nongkrong di Circle K atau Indomeret. Yaa…mungkin beda segmen pasar kali yaa..

Senada dengan Circle K, 7 Eleven juga salah satu minimarket 24 jam yang doyan dijadiin tempat nongkrong.  Kalau dilihat, 7 eleven biasanya lebih luas dari segi bangunan dari Circle K dan varian menu yang disajikan juga lebih beragam.

 

7 Eleven

 

Nahhh…selain dua minimarket diatas, saat ini Yogya group yang biasanya identik dengan Department Store dan Supermarket, kini mereka juga merambah ke bisnis minimarket yang sekaligus juga sebagai tempat nongkrong ini, dan mereka menamainya Yogya Xpress.  Toko yang baru dibuka di Ciwalk ini menawarkan konsep serupa dengan 7 Eleven maupun Circle K.  Selain mini market, ada juga makanan2, soup, nasi, bakar, waffle, dan jajanan lain.  Kekurangannya dia gak buka 24 jam, tapi kelebihannya adalah dari segi harga makanan, minuman, atau komoditi lain yang dijual disana, harganya lebih murah dari CK atau 711 😀

 

Salah satu makanan dan minuman murah di Yogya Xpress Ciwalk

 

maaf buat foto lokasinya belum sempet, 5 kali nongkrong disana belum sempet foto 😀  Tapi yang jelas di depannya ada kursi-kursi dan meja mirip cafe.  Mungkin dengan harga makanan yang murah dan tempat yang Cozy, Yogya Xpress ini cocok dijadiin alternatif tempat nongkrong murah meriah.

Mungkin masih banyak minimarket sejenis yang menjual image lebih dari sekedar menjual barang, tapi bisa juga sebagai tepmpat nongkrong anak muda

Dan mungkin juga Yogya group ingin mencuri sedikit pasar dari anak2 muda yang hobby nongkrong sambil ngobrol di minimarket.

Advertisements

4 comments on “Minimarket Sudah Jadi Tempat Nongkrong?

  1. pertamax

    tapi kita harus minta ijin dulu ama yg punya minimarket itu, setuju ga kalo dijadiin tempat nongkrong2….
    kalo ane jadi ownernya setujum asal bayar parkirnya mesti dobel + mesti beli cemilan di minimarket ane 😀

    • Hahahahaha….mani watir bayar parkir dobel. kayaknya mah owner juga sudah memperhitungkan, dari 10 orang yang nongkrong misalnya, biasanya ada 3 atau 4 orang yang belanja disana. 😀

  2. Kalo di Yogya Express Ciwalk ma tempatnya Cozy banged,, Gw paling suka ma Potato Twist nya, murah bro cm 7rb perak, minumnya jg cm Goceng, ga ada tax 10 persen lagi,, cm karena saking ramenya, kadang kalo kita udah selesai makan harus buru2 pegi bwt pengunjung laen (biasanya weekend ja yg kek gini)
    Harga dan tempat sesuai ma kantong2 pelajar dah, terutama mahasiswa yang in the Kos,, hahahah,, cobain dah, Express bnged pokoknya,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s