Antara Kereta Api Rakyat Bandung dan Saya Yang Jalan-Jalan Random


Berawal dari tercapainya impian saya untuk melihat langsung pesawat yang landing seminggu yang lalu, akhirnya saya punya keinginan random lain yg kudu terpenuhi, naek kereta dari bandung ke Cicalengka terus balik lagi ke Bandung.

Yaaa…..kalo kalimat tersebut dibaca dengan seksama, saya mirip orang gak ada kerjaan, petugas survey kereta api, atau orang ganteng nyasar.   Akhirnya…..tanggal 7 maret 2011, saya beli tiket KRD dari St-Hall ke Cicalengka.  Dengan membayar 1000 rupiah dapet juga tuh tiket yg disitu ditulis berangkat jam 11.56.  jreng jreng…kereta datang, saya masuk, dan saya langsung keringetan.  Uda kebayang saya bakal naek kereta yg penuh sesak sama penumpang, pedagang asongan, pengemis, dan perokok sialan yg harusnya menghisap kembali asap yg dia sebar di gerbong penumpang.

Satu hal yang saya lihat dari wajah2 penumpang itu…mereka tampak tidak nyaman dan berharap cepat sampai tujuan…kecuali mungkin para pedagang asongan itu yg emang tiap hari beredar di kereta.  Ada penumpang yg bawa karung, bawa tas gede, bahkan ada yang bawa sepeda kedalam gerbong…

suasana dalam KRD yg uda agak kosong

Untungnya keretanya uda agak kosong, jadi saya bisa foto2.. 😀

ironisnya…tiketnya uda murah, cuma 1000 perak..tapi tetep aja ada yg gak beli tiket dan umpet2an ama petugas.  Welcome to Indonesia.

Okey…..setelah kira2 55 menit perjalanan, saya kepanasan, dan berdiri sepanjang perjalanan, akhirnya saya nympe juga di Cicalengka. Tadinya mau langsung balik lagi ke Bandung dengan kereta yang sama, tapi rasanya gak adil kalau saya gak mencoba kereta lain yang katanya lebih bagus.  Sebenarnya ada 2 pilihan….KRD patas dan baraya Geulis. Saya pun memutuskan untuk beli karcis baraya geulis….mungkin ini bisa disebut kelas eksekutifnya KRD di Bandung.

Okey…….jadwal kereta Baraya geulis terdekat adalah jam 14.25 dan saya nyampe Cicalengka jam 13.05.  Sejam lebih saya manfaatin bwt makan tahu dan cendol 😀  Btw cendolnya murah loh..cuma Rp.1.500

Saatnya beli tiket Baraya Geulis yang harganya 5 kali lipat tiket KRD ekonomi alias 5000 perak. Coba…saya pengen tau kenyamanan kereta seperti apa yang akan saya dapet dengan 5000 perak.

Kereta datang….kereta yg baru beroperasi sekitar 2 thn ini keliatan ngejreng…warnanya kuning mirip pisang raksasa lagi merangkak di rel.

 

Tuh..mirip pisang kan? (sumber : kaorinusantara.web.id)

dan ini tiketnya 😀

tiketnya warna pink, keretanya kuning 😀

Ternyata harga emang gak bohong..kereta ini jauh lebih manusiawi dari KRD tadi. Selain ada pendingin ruangan walopun kipas angin, keretanya juga bersih, bebas dari pedagang asongan, dan yg pentin gsaya bisa duduk sambil liatin pemandangan 😀

sayang tadi saya gak sempet foto2 dalemnya karena lebih asik liatin pemandangan diluar. Ada juga foto dari blog foto dosen saya (www.bandungdailyphoto.com) yg juga pernah motret kereta ini sebelumnya (ijin share ya, Pak) 😀

 

akhirnya….perjalanan pulang cuma ditempuh 45 menit.  Dengan perbedaan tiket 4000 rupiah, kita bisa dapet fasilitas lebih baik, suasana lebih nyaman, dan waktu yang lebih cepat.
Semoga nantinya PT KAI memperbanyak kereta baraya geulis baraya geulis lain yang nyaman dan membuat masyarakat nyaman memakai kereta api 😀
Btw kenapa saya gak narsis? uh lupaa….next time ah
2 comments on “Antara Kereta Api Rakyat Bandung dan Saya Yang Jalan-Jalan Random

  1. hahaha,,, so fun isn’t it? bayangkan teman2 kita yang setiap harinya harus menggunakan transportasi moda itu,
    selamat monz! bandung-padalarang-bandung belum terjamah tuh!

    • hahahahaha…iya..panas di KRD. Kebayang uy kalo sore2 dan tiap hari pake KRD 😀

      mangstab lah 😀

      iya ntr mau ke BDG-Padalarang 😀

Leave a Reply

