The power of Social Network


Ngeliat Tunisia yg berhasil ngegulingin pemimpinnya, kemudian disusul Mesir yg juga berhasil numbangin Husni Mubaraknya…ngebuat kita inget kembali ke tahun 1998 waktu reformasi diawali di Indonesia.

Saya masih kelas 5 SD waktu itu….belum terlalu ngerti kenapa orang2 pada demo di Senayan. Yang saya tau, sekolah saya sempet libur beberapa hari dan saya senang gak belajar matematika.

Indonesia sudah lebih dulu melakukan gerakan massal untuk membuat perubahan, Hanya bedanya disini dulu pelopornya adalah mahasiswa dan media yg dipakai melalui mulut ke mulut serta gerakan kemahasiswaan, Tunisia dan Mesir dipelopori oleh rakyat dan melalui jejaring sosial.

Tidak bisa dipungkiri bahwa situs seprti Facebook dan twitter sudah menjadi lifestyle bagi sebagian besar pengguna internet, dan ini bisa menjadi media untuk berpendapat, memberi pengaruh, mencari dukungan, bahkan untuk mobilisasi massa.

Liat Obama, saat mencalonkan diri jadi presiden Amerika, dy tau betul cara memanfaatkan Facebook untuk meminta dukungan sehingga cost untuk kampanye bisa ditekan.

Begitu pula dengan Mesir dan Tunisia, FB dan twitter sangat berperan besar dalam mengarahkan opini publik guna mencapai tujuan tertentu.
Reformasi mesir dan Tunisia akan lain ceritanya jika misalnya Mubarak punya twitter dan bisa menetralisir gelombang massa dengan opininya…bukan malah memanfaatkan militer guna mempertahankan kekuasaan.

Karena sejatinya…sosial media harus dilawan dengan sosial media.
Seperti pak Tiffatul Sembiring yg melawan orang yg kontra dengan dy di twitter, beliau melawan dengan twitter juga. Walopun angger weh walopun sebel tetep difollow 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s