Pluralisme dalam Film


My Name Is Khan….and Im not a t*rro*is*

terngiang dengan gampang, seenggaknya itu kalimat yang saya inget dari film yang saya tonton dengan bayar 15rb di BTC karena nomat, kalo libur mah 25 rebu loh! ada yang jualan popcorn juga didalemnya, yang manis 10 rebu, yang asin 5rb karena lagi promo katanya.

silahkan review filmnya, dan pasti banyak yang uda nonton dan banyak yang lebih jago dari saya kalo nyeritain adegan2 di film.

Saya mah cuma liat satu kata, Pluralisme. yah..itu mungkin satu kata yang kita denger dari slank ato Alm Gusdur. Terlepas dari pro dan kontra mengenai pluralisme tersebut, saya mah pro..tapi saya bukan anak buah Gusdur, saya juga bukan slanker, temen saya tuh c Yoga, dy punya bendera slank gede di kosannya.

sudah, balik ke Khan…film yang menyuguhkan fakta sekaligus sisi lain dari kehidupan kaum muslim di Amerika setelah tragedi 11 september dimana mereka yang memang kaum minoritas menjadi semakin terasing dan dikucilkan oleh warga Amerika karena dianggap sebagai terroris. Namun dibalik itu semua, kenapa saat Khan yang digambarkan sebagai orang yang taat beragama, tapi menikah dengan orang yang berbeda agama? apakah pluralisme juga mengizinkan pernikahan beda agama? berarti pluralisme akan bertabrakan dengan nilai agama itu sendiri? entahlah..da saya mah belum ngerti….saya belum kenalan dengan pluralisme, dy jaim soalnya.

Yang jelas, damai itu Indah, dan Khan mengajarkan kita bahwa manusia itu ada 2 jenis: yang berbuat baik dan yang berbuat jahat terlepas apapun ras dan agama mereka.
JAdi, mudah2an diantara hanya 2 pilihan itu, kita gak salah milih….

dan kalo kita pernah salah milih, simpel aja….mundur beberapa langkah dan ambil pilihan yang satu lagi.

2 comments on “Pluralisme dalam Film

  1. memang pria muslim dibolehkan mengawini wanita non-muslim.. dengan nalar : nantinya dia akan mengajak istrinya masuk Islam..

    • wahh..tengQ pencerahanya…..

      jadi pas nikah masi boleh beda agama? trus kalo uda nikah si cwe gak mau masuk islam pegimana tuh? 😀

Leave a Reply

